8 Cara Melarikan diri dari Mobil yang Tenggelam

8-cara-melarikan-diri-dari-mobil-yang-akan-tenggelam
Setiap kecelakaan mobil itu menakutkan, tetapi satu di mana mobil Anda berakhir di dalam air yang mengerikan. Kecelakaan ini sangat berbahaya karena risiko tenggelam, dan di Kanada, 10 persen kematian tenggelam terjadi di dalam mobil,dan sekitar 400 orang meninggal setiap tahun di Amerika Utara karena mobil mereka terendam air .

Sebagian besar kematian ini, bagaimanapun, adalah hasil dari kepanikan, tidak memiliki rencana dan tidak mengerti apa yang terjadi pada mobil di bawah air. Dengan mengambil posisi yang sesuai untuk menghadapi benturan, bertindak segera ketika mobil berakhir di air, dan keluar dengan cepat, Anda dapat mengatur untuk bertahan hidup di dalam mobil yang tenggelam, bahkan jika Anda berada di sungai yang banjir.

1. Bersiaplah untuk dampaknya

Segera setelah Anda menyadari bahwa Anda akan keluar dari jalan, berakhir di air, Anda mengambil posisi yang pasti. Untuk melakukan ini, letakkan kedua tangan di roda kemudi dalam posisi "sepuluh dan sepuluh" (menirukan posisi jarum jam). Dampak mobil akan menderita bisa membuka airbag dan posisi lain akan berbahaya dalam hal ini. Ingat, kantung udara mengembang dengan cepat, dalam 0,04 detik setelah diaktifkan. Ketika Anda berhasil selamat dari dampak pertama, bersiaplah untuk langkah selanjutnya.
  • Tetap tenang. Panik akan mengurangi energi Anda, menggunakan udara yang berharga, dan membuat Anda pingsan. Ulangi sebagai mantra apa yang harus dilakukan untuk keluar (lihat langkah selanjutnya) dan tetap fokus pada situasi. Anda bisa panik setelah Anda keluar dari air.

2. Leverage sabuk pengaman

Profesor Gordon Geisbrecht, spesialis penyelaman air dingin, mengatakan bahwa sabuk pengaman adalah prioritas pada saat ini, tetapi seringkali orang yang terlibat dalam kecelakaan melupakannya karena mereka panik. Semboyannya adalah: ikat pinggang; anak-anak; jendela; LUAR (CBFF).
  • Bebaskan anak-anak, dimulai dengan yang terbesar (yang dapat membantu orang lain). 
  • Jangan mencoba menggunakan ponsel Anda. Mobil Anda tidak akan menunggu Anda untuk membuat panggilan telepon dan sayangnya, banyak orang telah kehilangan nyawa mereka mencoba menelepon. Fokuskan upaya Anda untuk keluar.
  • Ada teori alternatif yang mengklaim bahwa Anda harus menjaga sabuk pengaman diikat. Teori ini menunjukkan bahwa dengan melepas sabuk pengaman, Anda mungkin mengalami disorientasi dari menemukan diri Anda di bawah air, dan menjauh dari jendela dan pintu karena masuknya air ke dalam mobil. Jika Anda harus mendorong pintu untuk membukanya, berlabuh oleh sabuk pengaman bisa memberi Anda kekuatan lebih daripada mencoba mendorong tersuspensi di dalam air. Selain itu, menjaga sabuk tetap diikat akan membantu Anda mempertahankan orientasi jika mesinnya terbalik. Namun, menjaga sabuk tetap diikat, akan lebih sulit untuk bergerak cepat dan keluar, sesuai dengan banyak cara paling efektif untuk bertahan dari kecelakaan jenis ini. Dalam video yang dilaporkan, jelas dinyatakan pentingnya dapat bergerak dari awal, misalnya untuk bergerak di belakang mobil jika bagian depan terbebani oleh mesin adalah yang pertama kali tenggelam.

3. Buka jendela segera setelah Anda menyentuh air

Mengikuti rekomendasi Profesor Geisbrecht, jangan khawatir tentang pintu mobil dan berkonsentrasi pada jendela. Sistem kelistrikan mobil harus bekerja selama tiga menit setelah kontak dengan air (Anda akan memiliki kurang dari tiga menit dalam situasi ini), jadi cobalah untuk membukanya secara elektronik terlebih dahulu. Banyak orang tidak berpikir tentang jendela sebagai jalan keluar, karena panik, karena itu bukan jalan keluar biasa, atau karena mereka fokus pada informasi yang salah di pintu dan tenggelamnya mobil.
  • Ada banyak alasan untuk tidak mencoba keluar dari pintu mobil menurut Profesor Geisbrecht. Segera setelah benturan, Anda hanya memiliki beberapa detik untuk membuka pintu ketika masih sebagian besar di atas permukaan air. Ketika mobil sudah mulai tenggelam, tidak mungkin membuka pintu sampai tekanan antara bagian luar dan bagian dalam mobil belum seimbang; ini akan terjadi ketika kokpit diisi dengan air, dan itu adalah situasi yang ingin Anda temukan. Selain itu, menurut Profesor Geisbrecht, membuka pintu akan sangat mempercepat tenggelamnya mobil, mengurangi waktu mengambang yang dapat Anda ambil untuk keluar. Dalam eksperimennya dengan 30 kendaraan, ia menemukan bahwa semua kendaraan melayang,Anda dapat menggunakan waktu ini untuk melarikan diri daripada membuka pintu pengemudi dan membiarkan mobil tenggelam dalam 5-10 detik dan menenggelamkan mereka di kursi belakang.
  • Ada banyak teori yang menyarankan Anda untuk tetap di dalam mobil tanpa kehilangan ketenangan Anda sampai menyentuh dasar, belum diisi dengan air, lalu buka pintu dan berenang ke permukaan. Pada Mythbusters mereka mendefinisikan pendekatan "konservasi energi maksimum" ini dan tampaknya memungkinkan. Masalah dengan teori ini (diuji di kolam dalam yang diketahui oleh tim penyelamat yang siap untuk campur tangan) adalah bahwa Anda sering tidak mengetahui kedalaman badan air di mana mobil Anda tenggelam, sehingga menunggu bisa berakibat fatal. Metode ini bekerja 30 persen dari waktu dalam studi Profesor Giesbrecht, sementara pendekatan berbasis jendela bekerja 50 persen dari waktu.
  • Sisi mobil yang menjadi tempat mesin akan tenggelam terlebih dahulu, sering memiringkan mobil. Untuk ini, beberapa pintu bisa dibuka ketika mobil melayang.

4. Pecahkan jendela. Jika Anda tidak dapat membuka jendela, atau hanya setengah terbuka, Anda harus memecahkannya

Anda harus menggunakan objek atau kaki Anda untuk melakukannya. Hal ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk membiarkan air masuk ke mobil, tetapi pertama-tama Anda akan membuka jendela sebelum Anda dapat melarikan diri.
  • Jika Anda tidak memiliki alat atau benda berat untuk memecahkan jendela, Anda harus menggunakan kaki Anda. Jika Anda memiliki sepatu hak tinggi, mereka bisa bekerja, jika Anda dapat menekan bagian tengah jendela. Jika tidak, Profesor Giesbrecht menyarankan untuk mengarahkan di sepanjang engsel (lihat demonstrasi dalam video di bawah) Sangat sulit untuk memecahkan jendela dengan tendangan, jadi carilah titik lemah ini. Jangan coba-coba memecahkan kaca depan; itu praktis tidak bisa dihancurkan (kaca pengaman) dan bahkan jika saya bisa mematahkannya (kemungkinan yang sangat langka), jaring kaca pengaman akan membuat transisi menjadi sangat sulit. Jendela samping dan belakang adalah jalan keluar terbaik.
  • Jika Anda memiliki objek yang berat, arahkan pusat jendela. Sebuah batu, palu, kunci kemudi, payung, obeng, laptop, kamera berat, dll., Semua bisa berguna untuk tujuan ini. Bahkan kunci bisa berfungsi jika Anda cukup kuat.
  • Jika Anda hemat, Anda bisa memiliki alat di dalam mobil untuk memecahkan jendela. Ada banyak di pasaran. Profesor Giesbrecht merekomendasikan "pukulan", alat kecil yang dapat Anda simpan di pintu pengemudi atau di dasbor. Alat ini biasanya pegas dimuat dan juga ada dalam bentuk palu. Jika Anda tidak bisa mendapatkannya, Anda bisa menyimpan palu di dalam mobil.

5. Lari dari jendela yang pecah

Tarik napas dalam-dalam dan berenang melalui jendela. Air akan dengan cepat masuk ke kokpit pada titik ini, jadi harapkan resistensi yang kuat dan berenang dengan penuh semangat untuk keluar dan mundur. Eksperimen Profesor Giesbrecht telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk keluar melalui arus ini (bertentangan dengan apa yang diklaim oleh beberapa teori) dan bahwa lebih baik untuk segera keluar dan tidak menunggu.
  • Jaga anak-anak dulu. Dorong mereka ke permukaan sebaik mungkin. Jika mereka tidak bisa berenang, cobalah memberi mereka sesuatu yang mengambang, dan pastikan mereka tidak melepaskannya. Orang dewasa mungkin harus segera mengikuti mereka jika mereka tidak memiliki pegangan.
  • Ketika Anda meninggalkan mobil, jangan berenang dengan kaki Anda sampai Anda pergi, atau Anda bisa menyakiti penumpang lain. Gunakan lengan Anda untuk bergerak maju.
  • Jika mobil tenggelam dengan cepat dan Anda belum keluar, teruslah berusaha keluar dari jendela. Jika ada seorang anak dengan Anda di dalam mobil, beri tahu dia untuk bernapas normal selama yang dia bisa.

6. Kabur saat mobil sudah stabil

Jika Anda telah mencapai tahap dramatis di mana kokpit telah diisi dengan air dan tekanannya seimbang, Anda harus bertindak cepat dan efektif untuk bertahan hidup. Dibutuhkan 60-120 detik untuk mengisi mobil dengan air.Selama ada udara di dalam mobil, hiruplah dalam-dalam dan perlahan-lahan dan berkonsentrasilah pada tindakan yang harus dilakukan. Buka kunci pintu, dengan kunci sentral (jika masih berfungsi) atau secara manual. Jika pintu dikunci (sering terjadi karena tekanan), Anda akan bersyukur telah merusak jendela, seperti yang disarankan pada langkah sebelumnya.
  • Terus bernafas normal sampai air mencapai dada Anda, lalu tarik napas dalam-dalam dan pasang hidung Anda.
  • Tetap tenang. Tutup mulut untuk menghemat napas dan jangan sampai masuk air. Berenang keluar melalui jendela.
  • Jika Anda keluar dari pintu yang terbuka, letakkan tangan Anda di pegangannya. Jika Anda tidak dapat melihatnya, jalankan tangan Anda di sepanjang sisi dan pintu sampai Anda menemukannya.

7. Berenang ke permukaan secepat mungkin

Gunakan mobil untuk mendapatkan dorongan ke atas. Jika Anda tidak tahu cara berenang yang mana, cobalah untuk mencapai lampu atau mengikuti gelembung. Perhatikan apa yang Anda miliki saat Anda berenang; Anda mungkin harus menghadapi arus yang kuat atau menghindari rintangan seperti batu, kolom jembatan beton, atau perahu yang lewat. Jika permukaan air beku, Anda harus mencapai fraktur yang diciptakan oleh dampak mobil. Lakukan yang terbaik untuk menghindari menyakiti diri sendiri dan menggunakan dahan, penyangga, dan benda lain untuk beristirahat ketika Anda terluka dan lelah.

8. Dapatkan dokter untuk memeriksanya secepat mungkin

Adrenalin di klub setelah pelarian bisa mencegah Anda merasakan luka yang Anda laporkan selama kecelakaan. Berhenti melewati pengemudi dan minta untuk memanggil ambulans atau mengantar Anda ke rumah sakit terdekat.
  • Hipotermia adalah risiko nyata, yang dapat meningkat sesuai dengan suhu air, tingkat penumpang dan kejutan pengemudi, dan suhu eksternal.

Tips

  • Pakaian dan benda berat di kantong Anda bisa membuat Anda tenggelam. Bersiaplah untuk menyingkirkan pakaian berat seperti sepatu dan jaket. Semakin sedikit pakaian yang Anda miliki, semakin mudah untuk berenang. Bahkan celana Anda bisa membebani Anda secara signifikan.
  • Jauhkan alat untuk melarikan diri di dalam mobil. Anda dapat membeli alat untuk memecahkan jendela di toko.
  • Mungkin sulit untuk membimbing orang lain dalam situasi ini. Bahaslah langkah-langkah yang harus diambil sebelum menemukan diri Anda pada kesempatan seperti itu. Fokus dulu pada anak-anak; orang dewasa harus menjaga diri mereka sendiri sampai anak-anak aman, jadi jangan terganggu.
  • Jangan khawatir mematikan lampu. Hidupkan mereka jika Anda tidak dapat melarikan diri atau jika air keruh. Lampu-lampu mobil biasanya akan tahan air, dan akan membantu mobil ditemukan oleh penyelamat.
  • Jika Anda sering berkendara dengan penumpang dan berjalan di dekat air, jelaskan apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan. Perencanaan sangat penting untuk dapat bertahan dalam situasi darurat seperti ini. Ajarkan metode CBFF kepada semua anggota keluarga Anda: [23]
  • Lepaskan sabuk pengaman.
  • Bebaskan anak-anak.
  • Buka jendelanya.
  • Exit.
  • Dalam beberapa situasi, tekanan tidak akan seimbang sampai seluruh bagian dalam banjir. Dalam kasus ini Anda dapat melawan arus atau menunggu hingga mobil benar-benar tenggelam sebelum melarikan diri.

peringatan

  • Jangan membawa barang-barang berat bersama Anda selama penerbangan Anda, dan ingat bahwa tidak ada yang lebih penting daripada hidup Anda dan penumpang Anda.
  • Dalam banyak kasus, Anda tidak perlu menunggu bantuan. Tim penyelamat mungkin tidak akan dapat menghubungi Anda atau menemukan Anda tepat waktu untuk membantu Anda.

No comments:

Post a Comment