5 Cara Membuka Tutup Mesin Kendaraan

5-cara-membuka-tutup-mesin-kendaraan
Ketika Anda harus mengganti oli ke mesin mobil, tetapi Anda tidak dapat menemukan mekanisme untuk membuka bonnet, setiap operasi pemeliharaan kecil berubah menjadi sumber frustrasi. Dengan beberapa trik sederhana dan sedikit kesabaran, secara umum, Anda dapat dengan cepat membuka kap yang diblokir. Namun, ada situasi yang jauh lebih buruk di mana Anda harus meraba-raba untuk waktu yang lama. Setelah dibuka, Anda harus memperbaiki atau mengatasi penyebab masalah sebelum menutup kap mesin lagi.

1. Tekan hood ke bawah saat Anda mengoperasikan tuas pembuka yang terletak di dalam kompartemen penumpan

Jika kabel yang menghubungkan perintah ini ke stopper lengket atau terlalu panjang, maka tidak dapat membuka gerendel. Sebagian besar kendaraan dirancang untuk memasang kabel segera setelah Anda menekan bagian depan kap mesin. Lakukan saat seorang asisten mengoperasikan tuas internal. Jika metode ini berhasil, maka tudung akan terbuka sedikit dan Anda dapat mengangkatnya sepenuhnya setelah membuka pengait eksternal.

2. Tarik kabelnya dari dalam

Carilah di bawah dashboard, dekat tuas rilis internal. Tarik perlahan dan lihat apa yang terjadi:
  • Jika bonnet terbuka, maka kabel mungkin terlalu tertarik atau ditarik keluar. Coba sesuaikan ke ujung depan atau gantilah jika rusak. Dalam kasus yang jarang terjadi, masalahnya adalah tuas internal yang rusak.
  • Jika Anda tidak merasakan tegangan apapun, maka kabel tidak lagi terhubung ke front stop. Dalam hal ini, baca langkah selanjutnya. Setelah Anda berhasil membuka kompartemen mesin, periksa apakah Anda dapat memasang kabel atau jika rusak dan perlu diganti.

3. emukan perintah membuka kunci melalui kisi-kisi depan

Pada titik ini Anda harus mencapai stop atau kabel dari sudut yang lain. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat gerendel melalui kisi-kisi depan radiator. Ambil obor dan cermin kecil untuk memeriksa area sampai Anda melihat elemen berbentuk kail kecil.
  • Atau, berhenti bisa diakses dari fender depan di sisi pengemudi. Di banyak mobil, seperti Honda, kabel pelepas membentang ke seluruh ruang fender interior. Hapus saja elemen ini dengan melepaskan klip yang menahannya di tempat untuk mendapatkan akses ke kabel. Tarik kabelnya dan buka kapnya; metode ini hanya berfungsi jika kabel terhubung ke stop depan.

4. Kait kait dengan alat tipis

Setelah Anda mengidentifikasi mekanisme penguncian eksternal, coba capai dengan alat yang panjang seperti obeng. Jika celah di grid kecil, ambil gantungan logam. Cobalah untuk mengaitkan mekanisme dan menariknya.
  • Anda juga dapat menghapus grid eksternal untuk akses langsung. Tergantung pada model mobil, mungkin lebih murah untuk mengganti gril yang tidak dapat dilepas daripada intervensi mekanik untuk membuka kunci kap mesin.

5. Cobalah untuk memecahkan masalah dari bawah kap mesin

Jika Anda tidak dapat mencapai mekanisme pembukaan dari depan, maka kesempatan terakhir Anda adalah untuk mengakses kompartemen mesin dari bawah, mencapai hook atau meleset pada kabel dengan sepasang tang. Pengoperasian akan jauh lebih sederhana jika Anda mengangkat kendaraan dengan mengikuti petunjuk dalam panduan pengguna.
  • Peringatan: jika mesin baru saja dimatikan, tunggu sampai dingin sebelum mengaksesnya.
  • Jika Anda tidak mencapai hasil yang diinginkan, bawa mobil ke montir. Pengangkatan bumper depan jauh lebih mahal daripada perbaikan.

Tips

  • Jika Anda tidak dapat segera memperbaiki kabel yang tidak berfungsi, ikat tali di sekeliling tangkapan sebelum menutup bonnet.
  • Dalam banyak kasus, kap mesin tidak bisa tetap terbuka dengan sendirinya. Setelah dibuka, masukkan bilah pendukung ke dalam rumah yang sesuai.
  • Di mobil lama, kap mesin bisa digantung di depan dan hanya terangkat.
  • Kecelakaan bisa menggeser mekanisme penguncian mencegahnya berfungsi dengan benar. Untuk memperbaikinya Anda mungkin terpaksa secara manual menyesuaikan gerendel; lanjutkan hanya jika Anda yakin bahwa itu berada di posisi yang salah.

peringatan

  • Selalu periksa bahwa Anda telah menutup bonnet dengan aman sebelum mengemudi. Jika tidak diamankan dengan benar, itu mungkin terbuka ketika kendaraan bergerak karena gaya aerodinamis. Dalam hal ini akan mencegah pandangan ke pengemudi atau bisa juga terlepas sepenuhnya pada kecepatan tinggi.
  • Ketika Anda bekerja di mobil selalu menyimpan kunci di saku Anda, sehingga tidak ada yang bisa mengambilnya atau menghidupkan mesin selama perbaikan. Pada saat yang sama tindakan pencegahan sederhana ini akan mencegah Anda terkunci dari kokpit dengan kunci di dalamnya.

No comments:

Post a Comment