9 Cara Memeriksa Ignition Coil yang Sangat Baik

cara-memeriksa-coil
Ignition coil, komponen vital dari sistem awal setiap kendaraan, bertanggung jawab untuk memasok listrik ke busi. Ketika sebuah mobil tidak mulai, ia mulai dengan kesulitan atau terhenti dengan frekuensi tertentu, elemen ini bisa mengalami masalah dan harus diganti. Untungnya, Anda dapat melakukan tes sederhana untuk melihat apakah koil penyalaan berfungsi dengan benar atau jika Anda perlu pergi ke montir atau ke toko mobil. Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

1. Matikan mobil dan buka kap mesin

Seperti kebanyakan prosedur perawatan, mobil harus dimatikan dan dihentikan. Buka kap mesin dan cari koil penyalaan. Meskipun lokasi yang tepat berubah dari model ke model, biasanya terletak di dekat mudguard, starter atau di bawah distributor. Ketahuilah bahwa pada kendaraan yang tidak memiliki busi, busi terhubung langsung ke kumparan.
  • Teknik yang aman untuk menemukan koil pengapian adalah mencari distributor dan mengikuti kabel yang menghubungkannya dengan busi.
  • Sebelum memulai, lebih baik memakai kacamata pengaman atau pelindung mata lainnya; juga mendapatkan beberapa alat terisolasi (terutama tang) untuk menghindari kejutan listrik.

2. Lepaskan kabel busi dari tempatnya dan kemudian dari busi yang menempel padanya

Biasanya kabel ini berjalan dari distributor ke masing-masing busi secara terpisah. Untuk menghindari cedera, berhati-hatilah ketika mengerjakan sistem kelistrikan mobil, selalu gunakan sarung tangan dan alat yang diisolasi.

  • Jika mesin sudah berjalan untuk sementara waktu, ketahuilah bahwa kompartemen di bawah kap mesin akan cukup panas dan komponennya mungkin panas. Akan lebih baik menunggu 5-10 menit setelah mematikan kendaraan sebelum memulai operasi ini.
  • Untuk menghemat waktu dan menghindari kemungkinan kerusakan pada lilin, lebih baik gunakan penguji khusus. Alih-alih menghubungkan busi yang sebenarnya ke kabel, hubungkan busi tes. Hubungkan konektor buaya ke ground. Jadi minta teman Anda untuk memulai, memeriksa apakah ada percikan api.
  • Menggunakan lilin uji juga berarti untuk menghindari memaparkan ruang pembakaran ke puing-puing yang mungkin.

3. Lepaskan busi menggunakan kunci pas yang benar

Untuk melakukan tugas ini, hal yang paling mudah adalah menggunakan kunci soket khusus.
  • Dari titik ini, berhati-hatilah agar tidak menjatuhkan benda apa pun di lubang yang tersisa bebas dari lilin. Meninggalkan puing-puing di rumahnya menyebabkan kerusakan pada mesin dan, karena memulihkan sesuatu di dalam lubang ini benar-benar sulit, lebih baik mencegah daripada mengobati!
  • Tutup rongga dengan kain bersih untuk mencegah serpihan masuk ke ruang bakar.

4. Hubungkan lilin ke kabelnya lagi dengan sangat hati-hati

Anda harus menemukan diri Anda dengan kabel yang terhubung ke distributor (di satu ujung), sementara di ujung yang lain Anda menemukan konektor ke busi, tetapi tidak dimasukkan ke dalam rumahnya. Tangani lilin dengan tang terisolasi untuk menghindari sengatan listrik.

5. Sentuh bagian logam mana pun dari mobil dengan bagian berulir lilin

Kemudian pastikan bahwa busi (terhubung ke kabelnya) menyentuh bagian logam motor dengan kepala berulir. Sepotong logam padat di dalam kompartemen mesin, bahkan mesin itu sendiri, baik-baik saja.
  • Kami mengingatkan Anda sekali lagi untuk menangani lilin dengan tang terisolasi dan, jika mungkin, dengan sarung tangan. Jangan risiko kejutan listrik hanya karena mengabaikan pakaian pelindung.

6. Lepaskan sekring pompa bahan bakar

Sebelum memulai untuk menguji busi, pompa harus dimatikan. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak dapat menyalakan mesin, memungkinkan Anda untuk memeriksa percikan api di kumparan.
  • Jika tidak ada percikan api, pembakaran yang diperlukan untuk menyalakan mesin tidak akan terjadi di dalam silinder, tetapi akan tetap diisi dengan bahan bakar. Menonaktifkan sekring pompa adalah untuk mencegah hal ini terjadi, karena dapat merusak mesin secara serius.
  • Periksa manual untuk menemukan lokasi sekring yang dimaksud.

7. Mintalah seorang teman untuk menyalakan mesin

Pastikan asisten Anda memutar kunci kontak: ini akan menyuplai listrik ke sistem mobil dan, akibatnya, juga pada lilin di tangan Anda (dengan asumsi bahwa koil bekerja).

8. Periksa percikan biru

Jika kumparan starter bekerja dengan benar, ketika asisten Anda menyalakan mesin, Anda akan melihat percikan biru di ujung busi. Ini adalah bunga api yang terlihat jelas bahkan di siang hari. Jika Anda tidak dapat melihatnya, maka kumparan itu bermasalah dan harus diganti.
  • Bunga api oranye adalah pertanda buruk. Ini berarti bahwa kumparan tidak memasok cukup energi ke busi (penyebabnya bisa berlipat ganda, seperti kotak koil yang rusak, kekuatan listrik "lemah" atau koneksi yang aus).
  • Kemungkinan terakhir adalah bahwa tidak ada percikan api. Dalam hal ini kumparan starter dapat mati secara permanen , atau satu atau lebih sambungan listrik rusak atau Anda telah melakukan pengujian dengan buruk.

9. Masukkan kembali lilin ke dalam rumahnya dan hati-hati kembalikan kabelnya

Setelah tes selesai Anda harus mematikan mesin dan melakukan semua operasi yang dijelaskan di atas tetapi dalam urutan terbalik. Lepaskan busi dari kabel, masukkan kembali ke dalam tempatnya dan kembalikan kabel ke konektor.
  • Selamat! Anda telah melakukan uji fungsi dari koil pengapian!

No comments:

Post a Comment