10 Cara Memperbaiki Pendingin Udara Mobil

10-cara-memperbaiki-pendingin-udara-mobil
Penyejuk udara mobil yang tidak berfungsi adalah salah satu masalah yang paling sulit untuk dideteksi dan diperbaiki. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari indikasi kehilangan atau memeriksa apakah kompresor diaktifkan atau tidak. Jika perbaikan rumit diperlukan, Anda mungkin tidak memiliki semua alat yang diperlukan untuk menjalankannya di garasi rumah Anda; Namun, jika masalahnya adalah karena tingkat pendingin yang rendah, Anda dapat mengisi ulang sistem dengan kit khusus yang dapat Anda temukan dijual di toko onderdil mobil.

1. Mulai kendaraan dan nyalakan AC

Gunakan kunci kontak untuk menghidupkan mesin dan mengatur AC secara maksimal. Letakkan satu tangan di depan ventilasi udara dan rasakan jika panas, dingin atau dingin. Jika suam-suam kuku atau segar, tetapi tidak sedingin yang seharusnya, mungkin ada masalah dengan aliran.
  • Periksa apakah kipas pendingin radiator bekerja; jika tidak, mungkin ada masalah dengan sistem kelistrikan.
  • Mungkin perlu mengganti filter udara di kompartemen penumpang untuk meningkatkan aliran udara.

2. Lihatlah kompresor sistem pendingin udara untuk melihat apakah berfungsi

Anda harus memastikan bahwa itu aktif, untuk menentukan jenis pendekatan apa yang dipilih untuk perbaikan apa pun. Cari kompresor di dalam kompartemen mesin dan lihat pusat katrol untuk memastikan bahwa ia berputar dengan pulley itu sendiri.
  • Ketika AC beroperasi, kopling diaktifkan yang memungkinkan area pusat katrol untuk berputar dengan pulley itu sendiri.
  • Jika kopling tidak menyala, kompresor mungkin rusak (Anda harus menggantinya) atau mungkin hanya perlu mengisinya dengan pendingin.

3. Periksa kabel listriknya

Sebagian besar kompresor memiliki kabel yang mengarah ke kopling listrik; temukan konektor di tengah kabel ini dan lepaskan. Ambil segmen kabel yang terhubung ke kompresor dan hubungkan ke pos positif (+) baterai. Jika Anda dapat mendengar suara seperti klak, kopling listrik berfungsi penuh, jika tidak Anda harus menggantinya.
  • Penggantian kompresor AC membutuhkan alat khusus.
  • Bawa kendaraan ke bengkel untuk mengganti kompresor atau kopling.

4. Cari kebocoran dalam sistem pendingin udara

Untuk tujuan ini, Anda dapat membeli kit deteksi. Ini adalah pewarna yang dituangkan ke dalam implan dan yang menyaring melalui setiap celah atau pembukaan membuat terlihat kehilangan pada mata telanjang.
  • Tempatkan kanister kit deteksi pada port pengisian bawah dan semprotkan pewarna ke dalam sistem pendingin udara.
  • Jika Anda melihat ada kerugian, Anda harus membawa kendaraan ke montir untuk perbaikan.
  • Jika tidak ada kebocoran, masalahnya bisa berupa tingkat refrigeran yang rendah.

5. Beli refrigeran yang tepat untuk kendaraan Anda

Cara termudah untuk memahami cairan mana yang harus dibeli adalah memeriksa tahun produksi mobil. Yang dibangun setelah tahun 1995 menggunakan cairan R134a , sedangkan yang diproduksi sebelum tahun ini mungkin menggunakan R12 .
  • Anda tidak dapat mengisi R12 secara indepenen;
  • Jika kendaraan menggunakan refrigeran ini, buat janji dengan mekanik khusus, untuk mengubah sistem dan membuatnya cocok untuk jenis refrigeran yang lain.

6. Periksa termometer untuk suhu ruangan

Untuk membaca indikator pada refrigeran, Anda harus mengetahui suhu ruangan saat ini. Gas jenis ini menempati volume variabel tergantung pada suhu baik di dalam silinder maupun di sistem pengkondisi; sebagai hasilnya, pengukur tekanan dapat melaporkan nilai yang berbeda.
  • Mengetahui suhu lingkungan, Anda dapat membaca dengan benar pengukur tekanan pada botol pendingin.
  • Ketika gas mengembang dan mengambil lebih banyak ruang, itu meningkatkan tekanan dalam silinder.

7. Cari port pengisi lebih rendah dari AC

Pabrik memiliki dua pintu masuk, atau pintu servis: satu di bagian atas dan satu di bagian bawah; ketika Anda mengisi ulang AC, Anda harus menemukan dan mengenali yang kedua.
  • Anda dapat menemukannya dengan mengikuti saluran yang keluar dari kompresor hingga nosel di bagian bawah mobil.
  • Jika Anda menemui kesulitan, konsultasikan panduan perawatan mobil untuk menemukan pembukaan ini.

8. Gunakan lap untuk membersihkan area di sekitar pintu servis

Berhati-hatilah untuk tidak menghalangi dengan kotoran atau residu dengan membersihkan tutup dan daerah sekitarnya; mulai dari tutup dan saluran, lepaskan topi dan gosok pembukaan itu sendiri.
  • Anda dapat menyemprotkan pipa dengan produk pembersih rem jika Anda merasa perlu.

9. Perbaiki tabung pengisi daya ke port servis yang lebih rendah

Ambil tabung yang disertakan dengan kit pendingin dan hubungkan ke pintu bawah yang Anda identifikasi sebelumnya. Periksa bahwa ujung lainnya terpasang ke nosel silinder.
  • Jika silinder dilengkapi dengan pengukur tekanan, pipa harus dipasang ke nozzle pada pengukur tekanan dan kemudian ke silinder.
  • Pipa juga harus cukup panjang untuk dapat menghubungkannya dengan sistem AC mobil, tanpa harus mengangkat silinder ke kompartemen mesin.

10. Gunakan tabel tekanan udara pada pengukur tekanan untuk menentukan gas

Baca monitor instrumen dengan mempertimbangkan suhu lingkungan untuk secara akurat menentukan tingkat arus refrigeran; ketika Anda mulai menyemprotnya, Anda harus memantau alat ukur untuk memahami kapan sistem sudah penuh.
  • Terus periksa pengukur tekanan selama proses pengisian untuk mengetahui kapan harus berhenti.
  • Jika Anda tidak tahu cara membaca pengukur tekanan, lihat instruksi pada silinder.

No comments:

Post a Comment