5 Cara Memulai Mesin Bertenaga Diesel

5-cara-memulai-mesin-bertenaga-diesel
Mesin berbahan bakar solar (juga disebut mesin diesel) memiliki sistem awal yang berbeda dari yang digerakkan oleh bensin. Mesin bertenaga bensin dimulai ketika bahan bakar dinyalakan oleh percikan lilin; Sebaliknya, mesin diesel mulai berkat panas yang dihasilkan oleh kompresi. Dalam hal ini bahan bakar dan udara harus cukup panas untuk memulai proses pembakaran, yang pada gilirannya menciptakan percikan yang memulai mesin. Panduan ini menjelaskan cara memulai kendaraan diesel dengan benar.

1. Putar kunci ke posisi awal tanpa menyalakan mesin

Lampu indikator "siaga" akan muncul di dasbor (periksa indikator yang sesuai pada panduan pengguna Anda). Jangan menyalakan mesin sebelum lampu mati.

2. Tunggu colokan glow untuk pemanasan sebelum memulai kendaraan

Pemanasan busi pijar bisa memakan waktu hingga 15 detik - bahkan lebih selama musim dingin. Mematikan indikator "siaga" digunakan untuk memberi sinyal ketika colokan busi cukup panas.
  • Periksa busi pijar atau pemanas bahan bakar sebelum musim dingin untuk mencegah masalah awal. Ada dua metode untuk menghasilkan panas yang diperlukan untuk memulai proses: busi pijar dan pemanas bahan bakar (yang terakhir kurang digunakan). Steker cahaya (pre-heating spark plug) adalah alat dengan resistansi yang memanaskan udara di dalam sistem untuk memungkinkan menyalakan di dalam kendaraan. Terutama ketika dingin, kendaraan bertenaga diesel tidak mulai tanpa salah satu dari dua sistem tambahan ini.
  • Ganti baterai jika perlu. Kendaraan diesel memiliki 2 baterai untuk menghidupkan mesin dan memanaskan busi pijar, jadi selalu simpan 2 baterai cadangan yang baik. Bersikeras untuk menyalakan mesin dengan baterai yang rendah akan merusak busi pijar ke titik yang tidak mungkin lagi untuk menghidupkan mesin.

3. Mulai mesin, tanpa bersikeras lebih dari 30 detik

Jika tidak dimulai dalam 30 detik, matikan dengan memutar kunci ke posisi berhenti.

4. Coba nyalakan kembali kendaraan dengan memanaskan busi pijar dengan benar

  • Putar kembali tombol ke posisi awal dan tunggu lampu "siaga" menyala.

5. Putar kunci lebih lanjut untuk menyalakan mesin dan bersikeras tidak lebih dari 30 detik

Jika Anda tidak memulai, matikan dan coba ikuti tips ini.
  • Hubungkan kendaraan ke stopkontak listrik. Kendaraan diesel memiliki steker 3-kutub, biasanya di bawah bumper depan atau di bawah kisi-kisi radiator. Menggunakan kabel ekstensi, hubungkan kendaraan ke stopkontak. Anda akan mendengar pemanas mulai; ini memungkinkan pemanas untuk menciptakan panas yang dibutuhkan untuk memulai proses.
  • Biarkan kendaraan terhubung setidaknya selama 2 jam sebelum mencoba menyalakannya kembali. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memanaskan pendingin di blok mesin. Jika prosedur ini tidak dimulai setelah prosedur ini, mintalah bantuan ahli mesin diesel.

Tips

  • Jika kendaraan telah ditinggalkan di tempat yang sangat dingin, cobalah memanaskan busi pijar lebih dari satu kali dengan memutar kunci ke posisi awal, menunggu lampu mati, kemudian memutar kunci ke posisi mati dan mengulangi proses.
  • Mencoba menyalakan mesin sebelum busi pijar telah dihangatkan dengan baik tidak menyebabkan kerusakan pada mesin, tetapi agak sulit.

peringatan

  • Bahan bakar diesel berubah menjadi gel pada suhu antara -6 hingga -18 ° C. Dalam hal ini mesin tidak mulai karena diesel beku. Jika Anda berada di daerah di mana suhu sangat dingin, isi ulang di stasiun layanan yang menggunakan aditif yang dapat menurunkan titik beku bahan bakar diesel, atau membeli aditif khusus.
  • Jangan gunakan cairan starter dengan mesin diesel. Cairan starter hanya dapat digunakan dengan mesin bensin: ketika digunakan dengan mesin diesel mereka dapat merusak piston atau ruang bakar.

No comments:

Post a Comment