5 Cara Mengenali Ukuran Ban

5-cara-mengenali-ukuran-ban
Jika mobil Anda membutuhkan ban baru, atau jika Anda ingin memberikannya tampilan baru, Anda harus mengetahui ukuran ban yang tepat untuk mobil Anda. Jika Anda tidak pernah memikirkannya sebelumnya, Anda bisa membuat kesalahan. Panduan ini akan mengajarkan Anda cara menentukan perbedaan ukuran ban mobil.

1. Lihatlah sosok alfanumerik pada ban

Sebagian besar angka dimulai dengan huruf atau lebih banyak huruf yang menunjukkan jenis kendaraan dan jenis layanan yang mereka rancang. Yang paling umum adalah sebagai berikut:
  • P225 / 50R16 91S
P = ketika ban dimulai dengan "P", itu berarti itu adalah "p-metrik" dalam ukuran dan telah dirancang untuk digunakan pada kendaraan yang digunakan terutama untuk transportasi penumpang. Ini termasuk mobil, minivan, SUV, dan pickup ringan. Penggunaan dimensi p-metrik dimulai pada tahun-tahun terakhir tahun 70-an dan masih hari ini ban yang paling banyak digunakan.
/ 50R16 92S = jika tidak ada huruf yang mendahului bagian tiga digit dari nomor dimensi, itu berarti bahwa ban adalah dimensi "Metrik" (juga disebut "Euro-metrik" dalam referensi ke tempat dimensi-dimensi ini dibuat ). Meskipun ban berukuran metrik digunakan terutama pada mobil Eropa, mereka juga digunakan untuk van dan suv. Dimensi eurometrik setara dengan yang p-metrik, tetapi mereka sedikit mengubah kapasitas bebannya.
  • T125 / 90D16 98M
  • T = jika ukuran ban dimulai dengan "T", itu berarti bahwa roda adalah roda "persediaan sementara" yang telah dirancang untuk digunakan hanya sampai roda yang bocor diganti.
  • LT245 / 75R16 108 / 104S
  • LT = jika ukuran ban dimulai dengan "LT", itu berarti bahwa ban tersebut dirancang untuk digunakan pada light van ("truk ringan") dan untuk membawa beban berat atau derek kafilah besar. Ban ini termasuk untuk pickup medium dan berkapasitas besar, SUV, dan van besar. Ban yang memuat kata-kata ini adalah "saudara perempuan yang lebih kecil" dari ban untuk truk dan dirancang untuk menahan tekanan paling kuat karena beban berat.
  • 50R16LT 112 / 107Q, 8.75R16.5LT 104 / 100Q atau 31x10.50R15LT 109Q
  • LT = jika ban berakhir dengan "LT", berarti bahwa itu adalah dari Light Truck "Numeric" dimensi, "berbasis luas" atau "mengambang", dan dirancang untuk digunakan pada kendaraan yang mampu membawa beban berat dan untuk menderek karavan ( Dimensi numerik), untuk digunakan dengan pelek berdiameter 16,5 (Lebar dasar) atau itu adalah ban besar untuk membantu kendaraan berbaris di permukaan tanah yang berpasir atau kendur (mengambang). Kendaraan yang menggunakannya termasuk pickup ringan, sedang dan berat dan suv. Juga ban ini adalah "saudara perempuan yang lebih kecil" dari ban ban.
  • / 70R15C 104 / 102R
  • C = jika dimensi eurometrik berakhir dengan "C", itu berarti bahwa ban tersebut "Komersial", dan dirancang untuk digunakan pada van atau truk pengiriman yang mampu membawa beban berat. Selain melaporkan "C" dalam ukuran mereka, ban ini juga dicirikan oleh Uraian Layanan yang sesuai dan "Muat Interval" (B, C atau D).
  • ST225 / 75R15
  • ST = jika ukuran ban dimulai dengan "ST", itu berarti bahwa itu dirancang untuk "Layanan dengan Special Trailers ('' Special Trailer '')", yaitu untuk digunakan hanya pada trailer untuk mobil, perahu atau penggunaan lainnya. Anda tidak boleh menggunakan ban berukuran ST di mobil, van, atau truk ringan.

2. Lihatlah bagian 3 digit dari angka tersebut

Ini mengidentifikasi ketebalan ban dalam milimeter.
  • P225 / 50R16 91S. 255 menunjukkan bahwa ban ini memiliki lebar 225 mm dari titik terlebar bahu luar hingga titik terlebar bahu bagian dalam ketika diukur pada tepi lebar tertentu. Pengukuran ini juga disebut sebagai lebar bagian ban.

3. Lihatlah angka dua digit yang mengikuti nomor tinggi bagian

Ini adalah hubungan antara tinggi bahu dan lebar tapak.
  • P225 / 50R16 91S. Angka 50 menunjukkan bahwa tinggi bahu ban (dari pelek sampai ke tapak) adalah 50% dari lebar bagiannya. Ukuran ini menunjukkan ketinggian bagian ban, dan juga disebut sebagai rangkaian, profil atau rasio. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi pundaknya. Dalam hal ini, tinggi bagian adalah 50% dari 225 atau, 112,5 mm.

4. Lihatlah surat yang mengikuti angka - angka - mengidentifikasi konstruksi internal ban

  • P225 / 50R16, P225 / 50ZR16. R dalam dimensi pertama menunjukkan bahwa ban memiliki konstruksi radial, di mana casing karet "iradiasi" keluar dari pusat imajiner roda. Roda radial sejauh ini yang paling umum, dan mewakili 98% dari semua ban yang dijual.
  • Jika R digantikan oleh D, ini menunjukkan bahwa kerangka casing dalam ban melintang diagonal dan roda memiliki konstruksi "diagonal". Ban yang dibangun dengan cara ini adalah untuk truk ringan dan roda cadangan.
  • Jika R digantikan oleh B, itu akan menunjukkan bahwa plot karkas ban tidak hanya menyeberang pada diagonal seperti pada kasus sebelumnya, tetapi yang juga diperkuat dengan tali di bawah tapak. Jenis konstruksi ini disebut "Cinturato". Sampai saat ini, ban yang dibangun dengan cara ini praktis sudah punah.

5. Carilah indikasi pada kecepatan maksimum yang mungkin

Sampai saat ini, satu-satunya ban yang terus memasukkan indikasi ini dalam ukuran (P225 / 50ZR16) adalah yang diklasifikasikan pada kecepatan-Z. Dalam hal ini, mengikuti dua digit yang digunakan untuk mengidentifikasi rasio bahu / lebar adalah huruf ZR untuk mengidentifikasi kecepatan maksimum (Z) dan konstruksi internal (R). Sejak tahun 1991, semua klasifikasi kecepatan lainnya diidentifikasi dalam Uraian Layanan tentang ban.

No comments:

Post a Comment