5 Cara Cepat Mengubah Motions Sepeda Motor

5-cara-cepat-mengubah-motions-sepeda-motor
Untuk mengendarai sepeda motor, mengetahui cara mengganti gigi sangat penting. Anda mungkin berpikir itu sulit untuk dipelajari, tetapi sebenarnya ini adalah operasi yang cukup sederhana. Namun prosedur yang digunakan berbeda; Itu tergantung pada apakah sepeda Anda memiliki transmisi manual atau semi-otomatis.

1. Kenali kopling, akselerator, dan gearbox

Kopling terletak di bagian depan setang, di sebelah kiri. Ini adalah alat yang bertanggung jawab untuk mentransfer torsi dari mesin ke transmisi. Akselerator adalah tombol stang kanan. Dengan menggerakkan, meningkatkan putaran per menit dari mesin, mencegahnya dari mematikan. Gearbox adalah bar yang terletak di bagian depan pedal kiri dan merupakan perangkat yang memungkinkan Anda mengganti gigi. Berlatihlah gerakan-gerakan berikut:
  • Kopling kopling, lalu lepaskan secara bertahap.
  • Putar akselerator ke arah Anda, untuk mempercepat.
  • Matikan akselerator dari Anda, untuk memperlambat.
  • Tekan tuas transmisi untuk menyambungkan gigi pertama. Gerakan ini akan menghasilkan hasil yang diinginkan hanya jika sepeda dalam gigi netral atau gigi kedua, jika tidak mendorong gigi ke bawah hanya akan menggeser gigi.
  • Pindahkan tuas shift ke atas untuk memasukkan gigi lainnya. Transmisi yang paling umum untuk sepeda dengan transmisi manual memiliki gigi ke bawah dan empat atau lima ke atas. Orang gila itu ada di antara pawai pertama dan kedua.

2. Mulai sepeda dengan mengencangkan kopling, lalu tekan tombol power

Pastikan transmisi dalam keadaan netral. Keramaian ditandai dengan lampu peringatan berbentuk "N" hijau di dasbor; semua sepeda motor modern memiliki mata-mata ini. Pada tahap ini, Anda harus mengendarai sepeda.

3. Masukkan gigi pertama

Tutup throttle dan tekan kopling ke bawah. Pada saat yang sama, geser gearbox terlebih dahulu dengan menekan pedal ke bawah, lalu akselerasi sedikit sambil melepaskan kopling, sampai sepeda motor mulai bergerak maju. Pada titik ini, terus akselerasi dan lepaskan kopling sepenuhnya.
  • Jangan terburu-buru mengangkat tangan Anda dari kopling; terus koordinasikan akselerator dan kopling hingga sepeda bergerak. Saat kendaraan mengambil kecepatan, lanjutkan untuk melepaskan tekanan kopling secara bertahap dan perlahan.

4. Masukkan gigi yang lebih tinggi

Ketika Anda telah mencapai kecepatan yang cukup untuk membutuhkan penggantian gigi, tutup akselerator sambil menekan kopling. Letakkan ujung kaki kiri di bawah tuas shift, angkat ke maksimum perpanjangannya. Anda dapat terus menambah gigi dengan menggerakkan tuas transmisi ke atas lagi. Dengan lompatan, Anda akan melewati kedua, dengan yang lain di posisi ketiga, kemudian di posisi keempat dan seterusnya.
  • Jika sepeda pertama dan Anda hanya akan menaikkan tuas setengah, Anda akan menempatkan gearbox di netral.
  • Jika Anda melepaskan kopling dan berakselerasi, tetapi tidak terjadi apa-apa, motor dalam keadaan netral, jadi tekan kopling dan naikkan tuas persneling lagi.
  • Jika Anda melewatkan perjalanan karena kecelakaan, jangan khawatir. Anda tidak akan menyebabkan kerusakan pada sepeda jika Anda mempercepat sampai Anda mencapai gigi yang Anda masukkan.

5. Skala ke gigi yang lebih rendah

Tutup throttle sambil menekan kopling. Tekan tuas persneling, lalu kembalikan ke netral. Bermain dengan kopling dan akselerator, gabungkan roda gigi dengan kecepatan saat Anda bepergian. Jika Anda akan berhenti, jangan mempercepat, tekan kopling dan terus menekan dan melepaskan tuas persneling sampai gir yang pertama diaktifkan.

Tips

  • Ketika sepeda pertama kali, selalu pertahankan buku-buku jari tangan kanan mengarah ke atas, terutama jika Anda seorang pemula, tidak terlalu cepat untuk berakselerasi.
  • Saat mesin dingin, jangan akselerasi dengan kecepatan penuh, atau Anda bisa merusaknya. Biarkan pemanasan dulu!
  • Pergerakan gearbox setara dengan roda gigi. Anda tidak dapat berpindah dari yang pertama hingga yang kelima sambil mempertahankan tuasnya. Anda harus membiarkannya kembali ke netral setelah setiap perubahan.
  • Saat bepergian dengan kecepatan sangat tinggi, mulailah dengan rem perlahan dengan rem depan dan terus kencangkan caliper secara bertahap sampai Anda mencapai kecepatan yang diinginkan. Gunakan rem belakang sedikit untuk menstabilkan sepeda.
  • Ketika lampu berubah menjadi hijau, selalu melihat ke kiri dan ke kanan, untuk memastikan tidak ada yang mencoba menyeberangi penyeberangan akhir.
  • Beberapa sepeda modern memiliki monitor digital di dasbor yang menunjukkan persneling yang digunakan.
  • Jika sepeda Anda memiliki perubahan tertentu, Anda harus belajar cara menggunakannya.
  • Motor modern memulai pengereman hampir seluruhnya pada rem depan. Rem belakang berkecepatan tinggi tidak terlalu efektif.
  • Biasakan menaiki gigi saat roda masih bergerak. Dalam beberapa kasus, ketika sepeda motor berhenti bergerak, "gigi" dari roda gigi sejajar dalam posisi yang membuat pendakian mustahil.
  • Selalu tetap di tempat pertama ketika Anda berhenti di lampu lalu lintas. Dengan cara ini Anda akan siap bergerak jika terjadi kecelakaan di belakang Anda.

peringatan

  • Saat Anda memasukkan gigi yang lebih tinggi, dengarkan mesin Anda. Jika Anda mendengar suara geraman pada volume rendah, skala. Jika Anda merasa piston berputar, Anda harus memasang gigi yang lebih tinggi.
  • Ketika Anda membuat orang gila dari yang pertama, pastikan untuk melepaskan kopling secara perlahan untuk memastikan Anda netral. Jika sepeda memiliki gigi yang terlibat dan melepaskan kopling dengan cepat, kendaraan akan mati (paling banter) atau menabrak ke depan secara tidak terduga.
  • Jika Anda tidak memasukkan gigi yang lebih tinggi saat mesin sedang berjalan di limiter, Anda berisiko mematahkannya.
  • Ketika Anda keluar dari jalan, cukup lakukan satu persneling dalam satu waktu.
  • Jika gigi Anda berubah sedikit kasar, coba gunakan akselerator dan kopling dengan lebih lembut.

No comments:

Post a Comment