7 Cara Memeriksa Pompa Bahan Bakar

7-cara-memerika-pompa-bahan-bakar
Jika mobil Anda berjuang untuk berakselerasi, terutama di jalan raya, atau ada tanda-tanda lain yang membuat Anda menyadari bahwa mesin tidak mendapat cukup bahan bakar, maka saluran, filter, pompa atau injektor bensin bisa tersumbat sebagian. Jika mesin tidak menyala sama sekali, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memeriksa apa yang menyebabkan kerusakan.

1. Periksa sekring pompa bahan bakar

Masalahnya kadang-kadang bukan kerusakan pompa, tetapi gangguan energi yang memberinya makan. Lihat panduan perawatan kendaraan untuk menemukan kotak sekring dan identifikasi kotak yang melindungi pompa. Ekstrak dari perumahan dan periksa kerusakannya; jika rusak atau terbakar, maka itu berarti tidak lagi berfungsi. Jika, di sisi lain, tampaknya Anda berada dalam kondisi sempurna, periksa sisa sekering yang terhubung ke sistem bahan bakar dan, jika perlu, lakukan penggantian yang sesuai. Jika semua sekering utuh, mintalah seorang teman untuk menyalakan mesin sambil mendengarkan "klik" dari kopling relai.
  • Jika Anda perlu mengganti sekring, periksa bahwa yang baru memiliki intensitas arus listrik yang sama: jangan pernah memasang yang terkalibrasi dengan jumlah ampli yang lebih besar.
  • Jika Anda telah menemukan sekering rusak, ketahuilah bahwa mungkin ada puncak intensitas saat ini dan Anda harus memeriksa berbagai sirkuit. Ganti sekering yang terbakar dan coba nyalakan kendaraan sekali lagi; jika sekering putus lagi, Anda dihadapkan dengan sirkuit pendek yang harus dievaluasi oleh seorang profesional. Bawa mobil ke tukang listrik untuk pemeriksaan yang diperlukan.

2. Periksa voltase listrik dari pompa

Bahkan jika sistem kelistrikan memancarkan energi, ia tidak mengatakan bahwa ia mencapai pompa, jadi Anda harus memeriksa tegangan pada elemen ini. Bahkan dalam kasus ini, baca buku manual kendaraan Anda untuk memahami di mana dan bagaimana mengukurnya.
  • Periksa sumber perbedaan potensial untuk melihat apakah energi listrik yang keluar dari sekring mencapai pompa. Jika yang terakhir tidak menerima arus, maka ia akan mengecek rangkaian relai pompa, karena masalahnya adalah relai itu sendiri.

3. Periksa penurunan voltase dengan voltmeter

Pastikan kabel daya menunjukkan tegangan penuh dan pastikan kabel ground tersambung dengan baik. Jika tes ini tidak menunjukkan adanya malfungsi, kemungkinan kerusakan akan dibayar oleh pompa dan Anda harus menggantinya, bahkan jika Anda dapat melanjutkan dengan pemeriksaan yang lebih menyeluruh lainnya dengan menguji tekanan.
  • Jika voltmeter mendeteksi lebih dari 1 volt perbedaan, Anda mungkin memiliki masalah kabel berkarat atau kelainan sirkuit di kutub positif atau negatif. Bawa mobil ke mekanik untuk meminta saran.

4. Kecualikan kemungkinan bahwa masalahnya adalah filter

Ketika elemen ini tersumbat oleh sedimen bahan bakar, mobil mengalami kesulitan mempercepat dan Anda dapat mencurigai beberapa kerusakan pada pompa. Untuk memeriksa filter, bongkar dan keringkan kelebihan gas di dalamnya. Masukkan segmen selang karet ke dalam saluran masuk bahan bakar dan tiup - tetapi berhati-hatilah agar tidak meniup terlalu keras, karena hambatan dari filter bisa minimal. Periksa potongan untuk serpihan dan bersihkan dengan meniup pintu keluar bahan bakar, sehingga kotoran jatuh pada kain putih.

5. Dapatkan pengukur tekanan untuk tekanan bensin

Anda dapat membelinya di toko-toko mobil selama 20-30 euro dan itu akan terbukti berguna untuk mengendalikan sebagian besar model dan merek mobil. Jika Anda tidak ingin membeli alat ini, Anda dapat meminjamnya dari montir atau toko. Tes ini hanya akan berlangsung beberapa menit.

6. Kaitkan pengukur tekanan ke katup inspeksi

Ini biasanya terletak di dekat injektor. Pertama-tama, kenali titik di mana pompa terhubung ke filter pipa umum; di sini harus ada sambungan pemisahan atau nosel untuk pengujian, di mana Anda dapat memasang pengukur tekanan.
  • Model pengukur tekanan yang berbeda dapat memiliki instruksi operasi yang berbeda, sementara posisi katup inspeksi dapat berubah sesuai dengan mesin. Untuk semua alasan ini, selalu disarankan untuk bergantung pada panduan pengguna.

7. Mintalah seorang teman untuk membawa mesin ke atas untuk mempercepat saat memeriksa pengukur tekanan

Tunggu hingga mesin sedikit memanas, lalu ulangi pengujian saat berhenti dan pada kecepatan yang lebih tinggi, tergantung spesifikasi pompa Anda. Jika Anda tidak mengetahui kecepatan verifikasi untuk kendaraan Anda, cukup akselerasi dan amati bagaimana nilai berubah: jika pompa Anda mengalami kerusakan yang serius, jarum pengukur tekanan tidak akan bergerak atau tidak akan mencapai nilai yang diharapkan yang ditunjukkan dalam buku panduan. 'Gunakan - ini berarti bahwa pompa bahan bakar harus diubah.
  • Nilai-nilai tekanan yang dideteksi harus bertepatan dengan nilai-nilai spesifik yang tercantum dalam manual dan akan meningkat ketika mesin meningkat dalam revolusi. Jika ini tidak terjadi, Anda perlu mengganti pompa dan filter.

Tips

  • Selalu ambil tindakan pencegahan yang tepat saat melakukan tes dan pemeriksaan. Jauhkan alat pemadam kebakaran saat bekerja pada sistem bahan bakar.
  • Jika Anda perlu mengganti pompa, ketahuilah bahwa yang diregenerasi sama bagusnya dengan yang baru dan jauh lebih murah. Anda juga dapat membeli kit untuk membangun kembali beberapa bagian jika Anda merasa cukup berani untuk mencoba. Anda dapat membongkar pompa bahan bakar dengan obeng dan memasangnya kembali sendiri, mengikuti petunjuk yang disertakan bersama perangkat. Jika solusi ini tidak menarik bagi Anda, tanyakan kepada mekanik Anda yang tepercaya untuk menemukan dan memasang pompa yang di-remanufaktur untuk Anda. Anda masih harus memiliki jaminan setidaknya 3 bulan.

No comments:

Post a Comment