12 Cara Mempersiapkan Squeegee Liquid untuk Mobil

12-cara-mempersiapkan-sgueeguee-liquid-untuk-mobil
Pembersih kaca depan adalah cairan penting dalam kendaraan dan bagian dari rutinitas perawatan termasuk memeriksa levelnya dan mengisi ulang. Sebagian besar cairan yang ada di pasaran mengandung metanol, bahan kimia beracun yang berbahaya bahkan dalam jumlah kecil. Karena metanol berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, banyak orang lebih memilih untuk menyiapkan cairan pembersih rumah tangga tanpa bahan ini. Dengan cara ini Anda dapat membuat perpaduan yang dipersonalisasi menggunakan produk rumah tangga biasa dan menghemat uang dalam jangka panjang.

1. Tuang empat liter air suling ke dalam wadah kosong yang bersih

Pilih yang mudah ditangani dan memiliki kapasitas minimum lima liter. Selalu gunakan air suling untuk mencegah timbunan simpanan agar tidak terakumulasi dalam penyemprot dan pompa sistem pencuci kaca depan.
  • Anda dapat menggunakan air keran dalam keadaan darurat. Ingatlah untuk mengganti cairan sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan pada mobil.

2. Tambahkan 240 ml pembersih kaca

Pilih produk komersial yang Anda sukai, tetapi pastikan bahwa itu tidak membuat terlalu banyak busa dan tidak meninggalkan bekas. Metode ini sempurna jika Anda sering menggunakan cairan pencuci, terutama dalam cuaca panas.

3. Campurkan dua bahan dengan baik dengan mengocok wadah, lalu tuangkan campuran ke dalam tangki penghapus kaca

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menyiapkan deterjen, lakukan tes pada kaca. Basahi kain dengan cairan dan bersihkan salah satu sudut kaca depan. Deterjen yang baik harus menghilangkan kotoran tanpa meninggalkan residu.

4. Tuangkan empat liter air suling ke dalam tangki bersih

Jika Anda memiliki masalah dengan operasi ini, Anda dapat membantu diri Anda sendiri dengan corong. Tangki akan memungkinkan Anda untuk mentransfer cairan tanpa kesulitan dan cukup besar untuk lebih dari empat liter produk. Ingat jangan membuang tutup jerigen karena Anda harus mencampur dan menyimpan cairan.

5. Ambil 15 ml sabun cuci piring cair dan tuangkan ke dalam air

Jangan terlalu banyak menggunakan sabun, jika tidak deterjen akan terlalu tebal. Anda dapat menggunakan produk yang Anda sukai, tetapi pastikan bahwa itu tidak meninggalkan residu atau noda pada kaca. Jika terlalu banyak busa, ubah jenis sabun. Solusi ini sempurna jika Anda berencana mengemudi di tanah berlumpur.

6. Tambahkan 120 ml amonia

Pilih produk yang tidak berbusa dan tidak memiliki aditif atau surfaktan. Perhatikan langkah ini, karena amonia terkonsentrasi bisa berbahaya. Bekerja di area yang berventilasi baik dan gunakan sarung tangan. Setelah amonia dilarutkan dalam air, itu akan menjadi deterjen yang relatif aman untuk digunakan.

7. Tutup kalengnya dan aduk untuk mencampur bahan-bahannya

Uji detergen, jika ini adalah pertama kalinya Anda menyiapkannya. Basahi lap bersih dengan larutan dan bersihkan salah satu sudut kaca depan. Jika detergen menghilangkan semua kotoran tanpa meninggalkan residu, maka Anda dapat menuangkannya ke dalam tangki cairan pencuci mobil Anda.

8. Masukkan larutan ke dalam wadah kecil dan biarkan dalam semalam

]Jika cairan membeku, maka Anda perlu menambahkan 240 ml alkohol lagi. Ulangi pengujian, langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa detergen tidak membeku dengan memecahkan pipa-pipa sistem pencuci kaca depan.

9. Campur semua bahan dengan hati-hati dengan mengocok wadah

Hapus semua cairan pencuci yang Anda gunakan selama musim panas dari tangki. Jika sejumlah besar cairan lama tetap berada di dalam sistem, itu mungkin mencairkan alkohol dan dalam hal ini deterjen akan membeku.

10. Tuang 3 liter air suling ke dalam tangki kosong yang bersih

Pastikan kapasitas wadah lebih besar dari 4 liter. Jika pembukaan tangki agak sempit, gunakan corong untuk membantu Anda dalam menebang. Ingat untuk memberi label pada wadah menggunakan spidol yang tak terhapuskan.

11. Tambahkan 1 liter cuka putih

Gunakan hanya yang putih, karena semua jenis lain bisa meninggalkan residu atau pakaian bernoda. Detergen ini sangat bagus untuk membuang serbuk sari dari kaca depan.
  • Jangan gunakan larutan ini di bulan-bulan yang panas, karena cuka yang terlalu panas memiliki bau yang buruk dan menyengat.

12. Campurkan larutan dengan baik dengan mengocok wadah

Jika suhu di wilayah Anda turun di bawah titik beku, lakukan tes sebelum menuangkan cairan ke wiper reservoir cairan kaca depan. Tinggalkan secangkir kecil penuh solusi di luar semalam dan periksa di pagi hari. Jika cairan membeku, tambahkan setengah liter cuka ke dalam larutan dan ulangi tes. Jika membeku lagi, tambahkan 240 ml alkohol yang didenaturasi dan ambil lagi cek.

Tips

  • Sama sekali tidak sulit untuk mengisi cairan penghapus . Buka kap mesin dan temukan tangki cairan. Itu harus besar, persegi, putih atau transparan dan dipasang ke arah depan kompartemen mesin. Dalam banyak kasus dilengkapi dengan tutup tekanan sederhana yang dapat dilepas tanpa bantuan alat apa pun. Gunakan corong untuk menuangkan cairan, agar tidak menyebar ke mana pun.
  • Jika Anda beralih dari cairan untuk musim panas ke musim dingin, ingatlah untuk menghabiskan sebagian besar cairan yang tersisa dari tangki. Cara paling aman untuk melanjutkan, dalam kasus deterjen asli mengandung metanol, adalah dengan menyedotnya dengan semprotan dapur.
  • Dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakan air sederhana, bukan cairan. Namun, ketahuilah bahwa itu tidak akan efektif. Lebih jauh lagi, air adalah lingkungan yang menguntungkan bagi proliferasi bakteri berbahaya.
  • Gunakan botol susu, cuka atau deterjen kosong untuk menyiapkan dan menyimpan detergen. Ingat untuk membilasnya dengan hati-hati sebelum menggunakannya.
  • Beri label wadah dengan tegas, terutama jika itu adalah botol daur ulang. Anda juga dapat menambahkan pewarna makanan biru untuk membuat deterjen Anda serupa dengan apa yang Anda temukan di pasar.
  • Meskipun cairan pembersih ini kurang berbahaya daripada yang mengandung metanol, ingat bahwa mereka selalu beracun jika tertelan. Simpan jauh dari anak-anak dan binatang.
  • Saat menyiapkan pembersih kaca depan ini selalu gunakan air suling. Mineral yang terkandung dalam keran dapat membentuk endapan, yang pada gilirannya menghalangi penyemprot dan pompa.
  • Jangan mencampur cuka dan sabun bersama. Mereka dapat bereaksi dan mengental, sehingga memblokir wiper kaca depan.
  • Solusi yang dijelaskan dalam tutorial ini dapat digunakan sebagai pembersih multi-guna untuk jendela dan sisa mobil.

No comments:

Post a Comment