10 Cara Menghilangkan Karat dari Tubuh Mobil

10-Cara-menghilangkan-karat-dari-tubuh-mobil
Noda karat kecil pada bodywork mobil berkembang pesat karena bare metal terkena kelembaban dan udara yang menyebabkan oksidasi atau korosi. Apakah Anda ingin mempertahankan mobil atau menjualnya, Anda pasti menginginkan tampilan dalam kondisi terbaik, jadi jangan buang waktu lagi dan segera atasi masalahnya. Hapus noda karat dan segera balikan tubuh untuk menghentikan korosi sebelum menyebar.

1. Ambil langkah pengamanan dasar

Metode ini melibatkan penggunaan penggiling dan mesin penggilingan; mereka adalah instrumen listrik yang kuat yang mampu menyebarkan partikel mikro dari karat dan pernis ke udara. Untuk menghindari cedera dan melindungi kesehatan Anda dari serbuk ini, kenakan sarung tangan dan terutama masker, agar tidak menghirupnya.

  • Untuk pekerjaan yang sangat menuntut, pertimbangkan untuk mendapatkan respirator daripada masker sederhana.

2. Lindungi area yang Anda tidak ingin tanah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, proses ini menyebabkan banyak debu dan, jika Anda tidak memperhatikan, itu menempel pada mesin yang memberikan tampilan "lusuh" yang akan sulit dihilangkan. Untuk menghindari masalah ini melindungi semua bagian dari mobil yang Anda tidak harus bekerja (menggunakan pita kertas). Di bawah mesin ia menempelkan lembaran plastik dengan pita perekat untuk menentukan area kerja dan melindungi lantai.

  • Menutupi mobil adalah seni. Jangan menggunakan lembaran koran karena cat semprot dapat menghamilinya dengan menodai permukaan yang mendasari. Sebagai gantinya, dapatkan kertas yang dirancang khusus untuk pekerjaan ini, karena kurang berpori dan tidak menyerap warna. Juga pastikan untuk menyegel setiap tepi kertas dengan pita perekat. Jangan hanya menggunakan segmen kecil untuk menghentikan lembaran, cat akan masuk ke celah terbuka.

3. Coba ikuti bentuk panel bodi saat Anda menutupinya dengan kertas pelindung

Secara umum, selembar kertas tidak boleh terputus di tengah panel, jika tidak selama fase lukisan Anda akan melihat garis yang jelas antara warna lama dan yang baru. Garis-garis ini tidak akan hilang dengan pemolesan atau dengan banyak lapisan transparan, jadi hindari masalah dan gariskan dengan benar area kerja.
  • Jika Anda memiliki banyak pengalaman dengan mengecat tubuh, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk tidak menutup beberapa panel yang berdekatan dengan panel yang berkarat. Jika Anda tahu cara melambatkan warna secara bertahap dengan airbrush, Anda dapat menggunakan teknik ini untuk membuat transisi dari satu bayangan ke bayangan lain menjadi kurang nyata.

4. Hapus cat di sekitar noda karat dengan penggiling aksi ganda

Jenis alat ini memungkinkan Anda untuk mengontrol kecepatan putaran saat bekerja. Mulai dengan 80 grit pad abrasif dan secara bertahap meningkat menjadi 150. Kombinasi kekuatan abrasif ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan lapisan primer dan lapisan cat, serta karat ringan yang belum menyatu dengan logam. Selain itu, permukaan halus dan halus.
  • Setelah selesai, amankan dengan tangan Anda (dilindungi oleh sarung tangan) yang permukaannya halus dan homogen.

5. Beralih ke pemotong melingkar

Berkat ini, Anda dapat menghilangkan endapan karat dan mengekspos lubang. Ketika Anda menggunakan pemotong melingkar, berhati-hatilah dan bekerja perlahan, karena Anda dapat menyebabkan kerusakan serius pada bagian tubuh. Setelah operasi ini selesai, aplikasikan asam untuk menghilangkan karat dan juga untuk menghilangkan residu mikroskopik.
  • Untuk pekerjaan ini produk yang paling cocok adalah asam fosfat, Anda dapat membelinya di toko onderdil mobil.
  • Jika Anda mau, isi lubang yang tersisa dengan plesteran tertentu, menghaluskannya. Selesaikan aplikasi dengan mengampelas plesteran dengan tangan menggunakan amplas 120 grit, sehingga membuatnya sangat halus. Baca bagian selanjutnya untuk lebih jelasnya.

6. Siapkan area sebelum menerapkan primer

Beli yang cocok untuk logam telanjang, selain cat semprot yang warnanya cocok dengan bagian tubuh yang lain. Anda dapat menemukan kedua produk di toko onderdil mobil. Ada berbagai macam primer, jadi ikuti petunjuk pada label atau tanyakan kepada penjaga toko untuk meminta saran. Biasanya fase persiapan meliputi:
  • Membersihkan area dengan terpentin atau pengencer lainnya.
  • Perlindungan daerah sekitarnya, untuk radius 90 cm, dengan pita perekat dan kertas.

7. Oleskan tipis dan bahkan lapisan primer

Taburkan tiga tangan menunggu beberapa menit antara satu aplikasi dan yang lainnya. Jangan berlebihan, Anda tidak perlu menyemprotkan banyak primer untuk membuat tetesan atau membiarkannya mengalir ke bawah tubuh.
  • Sebagian besar produk memerlukan waktu pengeringan setidaknya 12 jam antara satu mantel dan yang lainnya.

8. Amplas dengan amplas air dan 400 grit

Bahan ini khusus untuk menghaluskan lapisan cat dan mengaburkan permukaan, sehingga tangan berwarna berikutnya melekat lebih baik. Tempatkan ember penuh air yang berguna untuk sering membilas kertas amplas agar tidak kotor dengan cat. Pada akhirnya, bersihkan area dengan air sabun.

9. Taburkan lapisan tipis warna

Oleskan hanya tangan yang tipis dan biarkan setiap lapisan waktu untuk "kering" sebelum menggulung kedua. Dengan cara ini cat tidak menjadi cair dan tidak menetes. Terapkan sebanyak mungkin lapisan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan nada warna yang Anda inginkan.
  • Biarkan cat stabil selama setidaknya 24 jam sebelum melepaskan pita perekat dan kertas pelindung. Berhati-hatilah, jika Anda merasa warnanya masih lengket, tunggu lebih lama.

10. Cuci dan poles mobil

Selamat! Sekarang Anda memiliki mobil tanpa karat dan siap untuk dikendarai.
  • Sebagai tindakan pencegahan, jangan menyebarkan lilin selama 30 hari pertama setelah pengecatan. Gesekan yang dihasilkan selama prosedur ini dapat melepaskan cat baru.

No comments:

Post a Comment